e-Learning Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SD

Malukah kita bermain permainan tradisional?

Posted on: 19/05/2010

Kebudayaan dan seni merupakan suatu keterikatan yang tak dapat dipisahkan dalam suatu masyarakat, dimana ada masyarakat maka disitu pula kebudayaan ada dan berkembang. Kebudayaan dan seni diciptakan oleh masyarakat yang hidup dalam suatu lingkungan tertentu sehingga mengakibatkan kebudayaan akan terus ada dan akan selalu berkembang dari masa ke masa. Dewasa ini, kebudayaan dan seni telah mengalami pergeseran paradigma dan penggunaan. Beberapa kebudayaan dan seni telah dianggap kuno oleh sebagian orang, yang mengakibatkan kebudayaan dan kesenian tersebut luntur dan akhirnya mulai dilupakan. Regenerasi perlu dilakukan, kebudayaan tak hanya milik para sesepuh pemangku adat terkait namun kebudayaan dan seni yang ada sejak zaman dahulu hingga sekarang adalah milik kita bersama. Yang terpenting adalah regenerasi kesadaran untuk mulai kembali memelihara dan melestarikan kebudayaan dan seni yang ada saat ini.

Salah satu kebudayaan dan seni yang mulai dilupakan saat ini adalah permainan tradisional. Permainan tradisional yang mulai tersingkir dikarenakan merebaknya permainan – permainan modern yang canggih dan sangat menarik perhatian anak-anak karena warnanya atraktif dan sedang tren, namun tak dapat dipungkiri pula bahwa permainan modern tersebut memiliki segudang pengaruh yang negatif.

Lalu, masihpermainan tradisionalkah kita ingat permainan tradisional seperti yang dilakukan oleh orang tua zaman dulu dan mungkin beberapa diantara kita mengalaminya? Suatu pengalaman yang unik dan masih saja menjadi memori yang yang berkesan.

Sayangnya, permainan tradisional kini jarang dikenal oleh anak-anak generasi sekarang, mereka hanya kenal Playstation, boneka barbie, dan lain-lain. Sungguh kondisi yang agak memprihatinkan mereka tidak mengenal kebudayan dan seni negeri mereka sendiri.

Permainan tradisional merupakan permainan yang telah ada sejak zaman dahulu yang dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan alat permainan yang sederhana, yang berguna untuk melatih ketangkasan, keterampilan serta keberanian

Begitu banyaknya permainan tradisional dan begitu banyak versi nama atau cara aturan permainan tradisional. Permainan tradisonal yang banyak dikenal diantaranya adalah Bentengan, Congklak, Galasin, Gasingan, Gatrik, Kasti, Layangan(layang-layang,), Lego, Petak Umpet, dan Yoyo, dan masih banyak lagi.

Bila kita menyadari akan kebudayaan Indonesia yang mulai hilang dan bahkan sudah tidak dikenal lagi oleh anak bangsa nya sendiri seperti permainan tradisional, mari kita bersama-sama menumbuhkan dan melestarikan kembali kebudayaan tersebut dengan mengenalkannya kepada anak-anak kita, keponakan, serta teman-teman kecil kita untuk mulai bermain permainan tradisional.

Mari bermain!

Mari mencintai kebudayaan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Selamat datang di E-Learning TIK !

Kalender 2011

Mei 2010
S S R K J S M
    Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

KATEGORI – KATEGORI

Blog Stats

  • 16,040 hits
%d blogger menyukai ini: