e-Learning Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SD

MATERI 3: Lingkungan Belajar Yang Sehat Dan Nyaman Dengan Peralatan TIK

Posted on: 09/01/2011

Setelah kita mengetahui peralatan TIK dan perangkat kerasnya, pada materi ke-3 ini kita akan belajar tentang Lingkungan Belajar yang Sehat dan Nyaman dengan Peralatan TIK. Bagaimanakah caranya? kita baca dulu yu yang dibawah ini…

Komputer banyak membantu pekerjaan sehari-hari, namun aspek kesehatan dan kenyamanan saat menggunakan komputer belum menjadi perhatian dari para pengguna komputer. Terkadang saat kita menggunakan komputer terlalu lama, maka masalah akan timbul, seperti nyeri kepala, kesemutan, pegal pada pergelangan tangan ataupun yang lainnya.

Dari sisi keselamatan kerja, kita harus menyadari bahwa komputer yang kita gunakan dihubungkan dengan listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Kita harus mencegah terjadinya tersengat listrik. Untuk itu kita harus mengatur kabel-kabel listrik sehingga terhindar dari sengatan listrik.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan kita terkena resiko bekerja dengan komputer harus memperhatikan:

1.       Mengatur posisi tubuh

Kita harus tahu bahwa posisitubuh saat bekerja dengan komputer sangat berpengaruh pada kesehatan.

Posisi Kepala dan Leher

Pada saat menggunakan komputer posisi kepala dan leher kita harus tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar monitor. Leher tidak membubgkuk atau menengadah hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.

Posisi Punggung

Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk dapat melakukan hal seperti itu, kita harus duduk di kursi yang bak dan nyaman.

Posisi Pundak

Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Kita dapat mengetahui posisi pundak kita sudah baik atau belum dengan merasakan otot di pundak kita berada dalam keadaaan rileks atau tegang.

Posisi Lengan dan Siku

Apabila kita dapat mengetik dan menggunakan mouse dengan nyaman maka itulah posisi pundak yang baik. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri.

Posisi Kaki

Kaki kita harus dapat diletakkan di lantai dan siku kaki yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

2.       Mengatur posisi monitor yang aman

Posisi monitor sangat berpengaruh pada kesehatan kita, terutama mata dan leher. Ketinggian monitor akan berpengaruh pada otot leher. Sedangkan tampilan dan pencahayaan monitor berpengaruh pada mata kita.  Untuk menguranginya, kita harus meletakkan monitor di ruangan sehingga layar tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain. Misalnya, tidak boleh meletakkan monitor menghadap jendela. Lalu, aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Dan jangan lupa untuk sering mengedipkan mata untuk menjaga agar mata tidak kering. Sesekali kita dapat memandang jauh ke luar ruangan, dan mengusap kelopak mata secara lembut untuk mengurangi ketengangan mata.

Setelah membaca materi diatas, kita coba yu tugasnya agar kamu lebih mengerti. Klik disini Tugas Kelas 1-materi3 untuk mengunduhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Selamat datang di E-Learning TIK !

Kalender 2011

Januari 2011
S S R K J S M
« Mei   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

KATEGORI – KATEGORI

Blog Stats

  • 16,040 hits
%d blogger menyukai ini: